Pengusaha kecil vs pengusaha asing

undang undang pemerintah Malaysia yg mengatur proteksi budaya dan usaha kecil bumiputra terhadap Franchise asing.
 
Saya tidak banyak melihat baliho,billboard raksasa produk KFC,Mc Donald,TGI Friday,Kenny Rogers,pizza hut meraksasa seperi di Indonesia.Tampaknya pemerintah Malaysia memberikan proteksi terhadap pengusaha bumiputra dengan memberikan ruang yang lebih untuk menjalankan usaha mikro mereka.
 
Tampak bilboard besar dan ruang usaha yang luas nasi kandar,nasi lemak antar bangsa mendapat perhatian khusus dari pemerintah.
 
Penempatan Hypermarket Carefour dan Giant pun mengikuti standar lokasi dinegara maju,yaitu harus lah jauh dari pemukiman dan pengusaha kecil sehingga tidak mematikan usaha mikro masyarakat.
 
Baru beberapa hari yang lalu saya membaca,masyarakat dan yayasan lembaga konsumen setempat mengeluhkan dan memprotes keras dengan adanya produk fast food yang beriklan pada saat tayangan TV jam anak anak-yang mengajak anak untuk selalu mengkonsumsi Fast food-dan hebatnya pemerintah pun segera menindak lanjuti.
 
Pemerintah  dan masyarakat tampaknya sudah melihat dampak fast food adalah sebagai bentuk dari penjajahan budaya asing terhadap masyarakat,juga bahaya kesehatan  bagi masyarakat Malaysia dimasa depan.
 
Pemerintahpun juga mengedukasi tentang ketahan pangan bagi masyarakat Malaysia dengan membuat iklan beras nasional,susu nasional dll.

 

Iklan

One response to “Pengusaha kecil vs pengusaha asing

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s